Memasuki akhir tahun, banyak yang mulai merencanakan liburan. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Momen kebersamaan bersama anak harus disiapkan dengan sangat baik. Entah dari destinasi wisata, tiket transportasi atau akomodasi. Banyak orang yang less preparation saat berlibur. Padahal, liburan boleh seru-seruan, tapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan faktor keamanan dan juga kenyamanan. Terus, apa saja yang harus disiapkan menjelang liburan akhir tahun nanti? 



Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengisi waktu di liburan akhir tahun, sebagai contoh untuk perjalanan ibadah misalnya Umroh.

Sebelum berangkat Umroh tentu kita harus membuat persiapan untuk umroh supaya ibadah yang kita kerjakan nanti di tanah suci bisa maksimal. Ada beberapa tips persiapan untuk umroh yang akan dibahas dalam artikel ini meliputi:

I. Persiapan rohani

      Niat dan keikhlasan

    Segala sesuatu membutuhkan ketulusan niat agar bisa meraih ridho Allah, begitu juga dengan haji atau umroh, keikhlasan sangat diperlukan agar ibadah tersebut diterima Allah dan mendapatkan balasan yang sempurna. Hati yang ikhlas dan niat yang tulus berarti siap menerima apapun ujian yang akan dihadapi selama berada di tanah suci, kesabaran akan lahir ketika kita ikhlas terhadap ketentuanNya. Hal ini disebabkan manusia yang berada ditanah suci berasal dari bangsa dan suku serta bahasa yang berbeda, kemungkinan salah pengertian bisa aja terjadi disaat kita berada disana, perbedaan sikap dan tingkah laku juga bisa memicu kesalah pahaman dan semua umat islam yang berasal dari seluruh penjuru dunia berlomba lomba mendapatkan yang terbaik ketika mereka berada disana, berlomba menempati shaf pertama, mencium hajar aswad, berdoa di depan Maqam Ibrohim dan tempat tempat mustajab lainnya, desak desakan dan saling tarik dan dorong akan menjadi pemandangan ditempat tempat tertentu di tanah suci, maka niat dan keikhlasan akan melahirkan kesabaran sebagai solusi dari masalah tersebut

    2. Meminta ridho dan maaf kepada manusia

    Salah satu keutamaan orang yang haji dan umroh adalah janji Allah akan mengampuni dosa dan kesalahan, namun pengampunan bagi orang yang haji dan umroh adalah pengampunan pada hal hal yang berkaitan dengan Allah, bukan hal yang berkaitan dengan manusia, adapun hal yang berkaitan kepada manusia maka kita harus meminta maaf kepada orang yang bersangkutan masalah dengan kita. Artinya sebelum kita melaksanakan umroh maka alangkah baiknya kita meminta maaf kepada teman teman, karib kerabat, jiran tetangga dan khususnya kepada kedua orang tua kita. Sehingga saat melaksanakan haji dan umroh kita bersih dari dosa yang berkaitan dengan Allah dan manusia

    3. Ilmu pengetahuan tentang ibadah

    Benar kata orang bijak bahwa “ Allah itu gak disembah dengan kebodohan”. haji dan umroh salah satu dari ibadah dalam islam, tanpa ilmu mustahil kita bisa menyelesaikan ibadah dengan hasil yang maksimal. Maka sebelum berangkat haji dan umroh, baiknya kita mempelajari rukun rukunnya, perkara yang membatalkannya serta sunnah sunnah dalam pelaksanaan haji dan umroh. Tapi tentu aja jangan dilupakan untuk mempelajari tata cara ibadah yang berkaitan selama kita disana seperti tata cara wudhu yang benar dan sholat yang sesuai tuntunan nabi. Manasik Haji dan Umroh yang diadakan travel dan biro perjalanan itu sangat singkat dan padat, mungkin kita butuh pengetahuan yang lebih terperinci sehingga ibadah kita menjadi lebih afdhol.

      II. Persiapan Fisik

      Ibadah umroh termasuk ibadah yang tidak ringan terutama bagi orang yang lanjut usia. Sebagaimana diketahui kebanyakan jamaah haji dan umroh adalah orang-orang dengan usia 60 tahun ke atas. Hanya sebagian kecil yang berusia 50 tahun ke bawah. Oleh karena ada beberapa persiapan yang dilakukan berkenaan dengan persiapan fisik:
      1. Lari-lari kecil, jalan kaki atau melakukan aktifitas olahraga lainnya setiap pagi untuk melatih kebugaran badan.
      2. Membiasakan minum multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Biasanya tubuh membutuhkan multivitamin untuk menjaga tetap bugar dan sehat selama melakukan aktifitas yang membutuhkan energi yang banyak.
      3. Terutama bagi kalangan muda usia 50 tahun ke bawah yang tentu mempunyai fisik yang lebih baik daripada yang usia lanjut , ada baiknya juga untuk membantu teman-teman yang telah lanjut usia dalam beribadah umroh. Banyak diantara jamaah yang selain sudah lanjut usia juga memiliki keterbatasan pengetahuan misalnya tidak bisa menggunakan lift dll. Semoga dengan membantu mereka akan membantu kesempurnaan ibadah umroh kita.
      4. Bila perlu bisa konsulltasi ke dokter untuk mendapatkan arahan kesehatan yang lebih sesuai untuk kondisi kita, termasuk obat-obatan yang perlu dibawa ke tanah suci.
      Semoga dengan tips persiapan umroh di atas, akan membantu kita memaksimalkan ibadah di tanah suci dengan lebih baik. 
      Umroh 2017
      Umroh 2017

      Posting Komentar

      Formulir Kontak

      Nama

      Email *

      Pesan *

      Diberdayakan oleh Blogger.